Analisis Keputusan Pelanggan dalam Memilih Produk Telkom Indihome di Kota Medan

Authors

  • Muhammad Fauzan Azhmy Universitas Harapan Medan, Indonesia
  • Ezzah Nahrisah Universitas Harapan Medan, Indonesia
  • Fika Shoufika Universitas Harapan Medan, Indonesia
  • Fajar Pasaribu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35126/ilman.v10i3.377

Keywords:

provider, brand image, kualitas produk, keputusan pelanggan, harga, loyalitas

Abstract

Pada era globalisasi sekarang ini, telekomunikasi memegang peranan yang sangat penting dan strategis dalam kehidupan manusia. Seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat sekarang ini, masyarakat membutuhkan akses informasi yang beragam, mudah, cepat dan handal. Hal merupakan peluang sekaligus tantangan bagi operator provider telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut. Tujuan Penelitian ini untuk melihat sejauh apa brand image, kualitas produk dan harga bagi calon konsumen untuk memutuskan menjadi pelanggan IndiHome. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dengan triangulasi, analisis data bersifat induktif atau kualitatif

Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih adanya minat para konsumen Kota Medan untuk menggunakan IndiHome karena dari segi komersil yaitu perusahaan Telkom yang sudah berdiri sejak lama, yang dahulunya bernama speedy menjadi indihome dan meningkatkan kepercayaan orang untuk berlangganan serta menggunakan indihome ini dari segi ketersediaan jaringan ditempat-tempat umum diseluruh Indonesia baik dikantor, sekolah atau kampus, cafe maupun taman umum dengan menggunakan fitur wifi.id. Harga yang ditawarkan masih bisa dijangkau oleh masyarakat. Dengan harga yang ditawarkan memudahkan untuk memilih paket sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan sistem fiber optic dan layanan Triple Play yang dapat menggunakan tiga layanan sekaligus dalam waktu yang bersamaan bahkan akan ditambah menjadi empat layanan yang semakin meningkatkan keinginan konsumen untuk menjadi pelanggan indihome. Dan perusahaan selalu memberikan promo untuk menjaga keloyalitas pelanggannya.

References

Amalia, N. (2016). Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). Jsmb, 6(2), 1–13.

Amstrong, G., & Kotler, P. (2012). Dasar-dasar Pemasaran. Prenhalindo.

Fandy, T. (2015). Strategi pemasaran (4th ed.). Andi.

Febriyantoro, M. T. (2020). Exploring YouTube Marketing Communication: Brand awareness, brand image and purchase intention in the millennial generation. Cogent Business and Management, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1787733

Kan, M. P. H., & Fabrigar, L. R. (2017). Theory of Planned Behavior, MASIHKAH RELEVAN. Encyclopedia of Personality and Individual Differences, 1–8. https://doi.org/10.1007/978-3-319-28099-8_1191-1

Kartajaya, H., & Asmara, B. (2014). Wow Service Is Care. Pustaka Utama.

Kartika, H. (2013). Analisis Pengendalian Kualitas Produk CPE Film Dengan Metode Statistical Process Control Pada PT. MSI. Ilmiah Teknik Industri Universitas Mercu Buana Jakarta, 1(1), 50–58.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia (1st ed., Vol. 2). Andy.

Kotler, P., & Keller, K. . (2012). Manajemen Pemasaran (12th ed., Vol. 1). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Manajement (15th ed.). Pearson Education Limited.

Kumala, F. O. N., & Fageh, A. (2022). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.31294/eco.v6i1.11196

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif dan psikologi. In Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta2. PT. Alfabet.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Azhmy, M. F. ., Nahrisah, E., Shoufika, F., & Pasaribu, F. (2022). Analisis Keputusan Pelanggan dalam Memilih Produk Telkom Indihome di Kota Medan. Jurnal ILMAN (Jurnal Ilmu Manajemen), 10(3), 161-168. https://doi.org/10.35126/ilman.v10i3.377

Issue

Section

Articles